Logo Reklamasi Pantura

Antisipasi Banjir Rob Jakarta, Jokowi Minta Proyek Giant Sea Wall Segera Dibangun

Antisipasi Banjir Rob Jakarta, Jokowi Minta Proyek Giant Sea Wall Segera Dibangun

Jakarta – Presiden Joko Widodo mengatakan tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall harus segera dibangun untuk mencegah banjir rob di DKI Jakarta.

Jokowi menilai dibangunnya tanggul laut raksasa ini akan menjadi terobosan untuk solusi jangka panjang.

“Urusan air laut yang masuk ke darat, untuk sementara saya kira tanggul laut sudah dikerjakan, tetapi dalam jangka panjang memang giant sea wall itu harus juga segera dikalkulasi dan segera dimulai,” kata Jokowi.

Lebih lanjut, rencana pembangunan giant sea wall sendiri, sudah dibicarakan pemerintah dan sejumlah ahli menyusul penurunan tanah di DKI Jakarta. Tembok besar itu diharapkan dapat mencegah Jakarta tenggelam karena permukaan tanah lebih rendah dari muka air laut.

Pemprov DKI Jakarta membentuk Jakarta Coastal Defend Strategy (JCDS) bersama sejumlah peneliti. Mereka pernah berencana membangun giant sea wall berbentuk mirip burung garuda dan dinamai “Great Garuda”

Lantas bagaimana dengan pembangunan pulau reklamasi? Apakah dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi banjir di Jakarta?

Pembangunan pulau reklamasi dan tanggul raksasa di pantai Utara Jakarta dinilai dapat membantu penataan tata ruang kota Ibu Kota, sekaligus mencegah terjadinya bencana banjir.

Kondisi Jakarta saat ini cukup memprihatinkan karena luasan RTH hanya 10% dan RTB kurang dari 2,1%. Di bagian teluk, kondisi lingkungan terus memburuk karena area tersebut seolah menjadi pusat limbah kota. Bila didiamkan, situasi ini akan semakin membahayakan.

Oleh karena itu, pembuatan reklamasi menjadi salah satu solusi pembenahan tata ruang Jakarta.

Pembangunannya pun harus selaras dengan pendirian tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall untuk menyelamatkan daratan seluas 661,5 km2 ini dari bahaya banjir akibat penurunan permukaan tanah.

Prev

Leave a facebook comment