Logo Reklamasi Pantura

Cegah Banjir, Pemprov DKI Jakarta Pastikan Pembangunan Tanggul Laut Raksasa Terus Dilakukan

Cegah Banjir, Pemprov DKI Jakarta Pastikan Pembangunan Tanggul Laut Raksasa Terus Dilakukan

Jakarta – Pemprov DKI Jakarta yang berkolaborasi dengan Kementerian PUPR dan Pemprov Jawa Barat telah menyelesaikan pembangunan tanggul laut sepanjang 12,6 kilometer dari target prioritas sepanjang 46 kilometer untuk mengantisipasi banjir rob di pesisir utara Ibu Kota.

Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan pembangunan tanggul laut raksasa NCICD (National Capital Integrated Coastal Development) di sepanjang pesisir Ibu Kota terus dilakukan.

Wagub DKI A Riza Patria mengatakan sebanyak 33 kilometer akan dikerjakan bersama Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) sebesar kurang lebih 11 kilometer, dan Pemprov DKI Jakarta mendapat porsi membangun 7 lokasi dengan total panjang sekitar 22 km.

Riza mengatakan, NCICD merupakan proyek strategis nasional untuk membangun tanggul pantai di sepanjang garis pantai Jakarta, sekaligus sebagai upaya pengamanan dan penataan kawasan pesisir Utara Jakarta, serta perbaikan lingkungan.

“Semua proses proyek tanggul laut berjalan sesuai rencana guna mengendalikan dan mengatasi banjir, termasuk banjir rob di pesisir Jakarta,” ujar Riza

Namun, dalam pengerjaannya, Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta menyampaikan, saat ini pembangunan tanggul NCICD menemui kendala yakni tingginya air laut pasang.

Perlu diketahui Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan pembangunan tanggul NCICD sejak 2016 hingga 2019. Kemudian dilanjutkan kembali pada 2021, dengan target total sepanjang 790 meter.

Menurut Kepala Seksi Perencanaan Bidang Pengendalian Rob dan Pesisir Pantai pada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Putu Riska menyampaikan, total panjang tanggul laut yang akan dibangun yaitu 46.212 meter.

Proyek pembangunan tanggul laut di pesisir Jakarta ini dibebankan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemprov DKI melalui Dinas Sumber Daya Air. Pembangunan tanggul laut ini menjadi upaya penting bagi Pemprov DKI Jakarta dalam mengendalikan banjir rob yang kerap dirasakan warga pesisir.

Prev

Leave a facebook comment