Logo Reklamasi Pantura

Anies: Pengelolaan Teluk dan Pulau Bukan untuk Satu Korporasi

Anies: Pengelolaan Teluk dan Pulau Bukan untuk Satu Korporasi

Saat berpidato di Balai Kota, Anies mengingatkan pengelolaan teluk dan pulau di Jakarta ditujukan bagi kepentingan warga. Pekik tolak reklamasi pun mencuat./CNN Indonesia/Andry Novelino.

JAKARTA РGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung pengelolaan teluk dan pulau itu saat berpidato di Pesta Rakyat di Balai Kota, DKI Jakarta, Senin (16/10). Menurutnya, pengelolaan itu bukan untuk kepentingan satu golongan atau koorporasi tertentu.

“Pengambilan kebijakan di kota ini haruslah didasarkan pada kepentingan publik, pengelolaan tanah, pengelolaan air, pengelolaan teluk dan pengelolaan pulau, tidak boleh diletakkan atas dasar kepentingan-kepentingan individu,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Senin (16/10).

Masyarakat yang mendengarkan pidato itu langsung menyambut dengan pekik takbir. Ada pula yang berteriak, “Tolak reklamasi!”

Dia mengingatkan kembali sosok Sukarno saat mendirikan Republik Indonesia. Saat itu, kata Anies, pesan yang disampaikan adalah para pendiri bangsa tidak ingin membangun negara ini untuk sekelompok orang.

“Kita hendak membangun satu negara untuk semua, bukan untuk satu golongan, bukan untuk golongan bangsawan maupun golongan orang kaya, tapi untuk semua,” kata Anies.

Karena itu, lanjutnya, pengelolaan tanah, air, teluk, maupun pulau di Jakarta harus didasarkan pada kepentingan masyarakat. Anies menegaskan, hal itu menjadi semangat pembangunan di Jakarta yang akan dilakukan ke depan.

“Pengelolaan itu semua tidak boleh untuk kepentingan satu golongan, tidak boleh untuk kepentingan satu perhimpunan, tidak boleh untuk kepentingan satu korporasi, tapi itu untuk kepentingan warga Jakarta semua,” katanya.

Dia menyadari, gubernur dan wakil gubernur menjadi pemimpin bagi semua warganya. Karena itu, dia berjanji akan menghadirkan keadilan bagi semua orang. Anies bertekad mengutamakan pembelaan yang nyata kepada masyarakat yang lemah.

“Kami tegaskan bahwa tekad kami adalah mengutamakan pembelaan yang nyata kepada mereka yang selama ini tak mampu membela dirinya sendiri, mengangkat mereka yang selama ini terhambat dalam perjuangan mengangkat diri sendiri,” kata Anies.

Hari ini Anies dan Sandi resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Usai pelantikan, keduanya mengikuti acara serah terima jabatan di Balai Agung, Balai Kota.

 

Sumber: Cnnindonesia.com

Prev
Next

Leave a facebook comment